Mengenal Ikan Koi

Daftar Isi

Untuk Mengenal Ikan Koi, secara garis besarnya ikan Koi masih satu jenis ikan tombro dan kumpay yang berasal dari indonesia. Saat ini koi indonesia sudah diakui jepang dalam kualitas dengan menghasilkan koi-koi ukuran jumbo, dengan pola yang bagus. Untuk membudidayakan koi import diperlukan penanganan yang ekstra dulu. Dikarenakan pengaruh suhu iklim dan air yang berbeda dengan di indonesia. Pertama kita lihat kualitas air kada PH, TDS dll, harus disesuaikan dengan kondisi dijepang, lengkapi kolam dengan chiler dan menyediakan obat sesuai standart jepang.

Perawatan ikan koi lokal dan import berbeda, Koi import yang baru datang mudah stress. Ini dikarenakan ikan belun terbiasa dengan iklim dan kualitas air yang berbeda ditempat asalnya. Perlu bagi ikan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Untuk budidaya ikan koi para breeder lokal biasanya dapat menghasilkan anakan koi atau burayak 60.000 ekor anakan, dari jumlah tersubut biasanya hanya kurang  500 ekor yang memenuhi standart kualitas koi.

Mengenal Ikan Koi omahbob
Mengenal Ikan Koi omahbob

Koi Simbol Cinta Dan Persahabatan

Dinegara asalnya jepang ikan koi sangat digemari dari berbagai kalangan masyarakat, mulai kalangan bawah maupun kalangan atas hingga kaisar. Karena bagi masyarakat dijepang koi merupakan lambang atau simbol cinta dan persahabatan. Dengan pola warna warni yang indah dan elegant masyarakat disana menyebutnya Nishikigoi dan dipercaya membawa keberuntungan.

Kudus Koi Omah Bob juga telah mendapati beberapa perbedaan koi import dan lokal, selain dari perbedaan harga yang tentunya terpaut jauh kita juga bisa lihat dari bentuk fisik ikan tersebut. Mulai dari Kepala ikan import cenderung membulat,dengan mulut agak maju dan mata yg agak keluar(melotot). Untuk warna memang agak susah, karena warna untuk koi import dan lokal sama – sama kuat dan tajam, tetapi disaat koi tumbuh lebih 50cm maka akan terlihat perbedaanya, warna koi lokal akan semakin memudar tapi untuk koi import tetap cerah dan tajam. Untuk bagian tubuh ikan koi lokal agak sedikit membulat dengan ekor yang pendek, sedangkan untuk koi import ekor lebih memanjang.

Koi Lokal

Koi Import

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan tanya